Kamis, 14 Juni 2012

Menyingkap Kebohongan Situs dan Modus Penipuan Online Shop

Session I : Trik Penipuan Terkini


Di internet tentu sudah banyak tersedia berbagai informasi mengenai ciri-ciri online shop penipu lengkap dengan detail penjelasannya. Diantara cirri-ciri yang popular adalah harga yang ditawarkan sangat murah, tidak mau cod, alamat tidak jelas, menggunakan media gratisan dan lain sebagainya. Bisa jadi itu merupakan hasil observasi maupun pengalaman pribadi yang sengaja ditulis untuk menginggatkan dan mencegah agar tidak semakin banyak jatuh korban

Oleh karena itu.. kami sebagai salah satu bagian online shop merasa terpanggil untuk ikut memberikan sumbangsih pemikiran ataupun share pengalaman sebagai salah satu bentuk tanggung jawab dan komitmen bersama untuk menciptakan suasana belanja online yang aman dan nyaman. Disini kami tidak ingin mengulang dan “mengkopas” semua informasi tadi, namun kami mencoba untuk menganalisis secara adil beberapa kebohongan situs online shop dan modus penipuan yang sedang marak terjadi berdasarkan pengalaman ataupun curhat dari beberapa customer. 

Yang pada akhirnya.. harapan kami Semoga tulisan ini. Bisa jadi mungkin ada beberapa point yang tidak terlalu penting.. tapi gpp lah ya iseng-iseng nulis.. karena menurut kami yang namanya kebohongan, sekecil apapun kebohongan itu tetaplah sebuah kebohongan yang perlu diluruskan. karena biasanya sesuatu yang besar itu dimulai dari yang kecil. 

Kalo kata mas ku “..Kriwikan dadi grojogan..”

To the point aja.. Yuk kita mulai..

  1. Trik Penipuan Online Shop Kontemporer :D
“..dipercaya dulu, baru nipu..”


Trust merupakan salah satu aspek penting dalam dunia per-onlen shop-an. Karena dalam transaksi ini pembeli tidak tahu seperti apa wajah penjualnya, dimana persis tempatnya, bagaimana akhlaknya, seperti apa barang yang dijual dan informasi-informasi penting lainnya. Sehingga dalam dunia ini  trust menjadi unsur mutlak terjadinya sebuah transaksi.

Dalam transaksi model ini penjual mungkin tidak terlalu bermasalah, karena dengan sistem uang masuk barang dikirim memberikan jaminan keamanan penuh. Namun bagi pembeli semua serba samar, uang dah berpindah kepemilikan namun barang belum didapat, saldo rekening dah berkurang namun aset belum bertambah.. jelas.. ini menjadi catatan tersendiri..
 
Apalagi proses pengiriman juga melibatkan pihak ketiga (seperti JNE/TIKI) sehingga pembeli dituntut harus pintar memilih partner yang kooperatif dan pengertian, sehingga jika ada kendala dalam proses pengiriman barang si seller tidak lepas begitu saja tapi juga ikut membantu mengurus.. seperti Bunda Umar Shop tentunya.. hihi..

Sebenarnya ada beberapa alternatif bertransaksi aman bagi pembeli seperti salah satunya adalah memakai jasa rekening bersama meski agak ribet dikit dan ada cash tambahan ataupun memilih bertransaksi dengan seller yang mempunyai reputasi  baik dan profesional.

Ok.. kembali ke masalah trust.. :D

Nah.. tampaknya oknum online shop yang tidak bertanggung jawab mulai bermain di sisi “kepercayaan” ini. Mereka mencoba membangun trust dulu dengan para calon korbannya dengan memproses dengan baik setiap order, respone cepat, Semua barang dikirim, pelayanan yang memuaskan layaknya online shop terpercaya. Karena biasanya ketika pertama kali bertransaksi dengan orang yang baru dikenal, para pembeli akan melakukan order dalam jumlah kecil terlebih dahulu dengan asumsi “..kalaupun ditipu toh jumlahnya gak terlalu besar... jadi gak begitu nyesek..”. 

Lalu setelah satu atau dua kali transaksi tidak ada kejanggalan barulah mulai percaya.. “..wah ternyata jujur nih sellernya..”
 
Biasanya di titik inilah pembeli mulai berani melakukan order dalam jumlah besar. Namun sayangnya di titik ini pula lah oknum online shop penipu menjalankan aksinya.. dan.. akhirnya bisa ditebak sendiri... uang melayang disertai dengan terputusnya seluruh akses komunikasi dengan oknum online shop tersebut.

Cerdas cukup cerdas menurutku.. Hasil yang didapat pun biasanya jauh lebih besar daripada menipu secara langsung.

Ada beberapa kisah hasil curhat customer kepada kami. salah satunya dialami oleh seorang ibu rumah tangga yang lugu sebut saja bunga.. bukan nama sebenarnya :D
Bunga mengenal seorang penjual dari kontak BBM yang broadcast menawarkan bermacam-macam produk dengan harga miring. Sangat miring bahkan kemiringannya ditaksir mencapai 90 s/d 180 derajat.
Tertarik..?.. tentu saja.. siapa sih yang tidak tergiur dengan harga super murah…?

Kemudian untuk safety Bunga mencoba order barang yang harganya puluhan ribu dulu.. hasilnya barang dikirim sesuai permintaan. Mulai lah tumbuh rasa percaya.. kemudian dia order lagi barang yang harganya ratusan ribu.. hasilnya barang sampai juga dengan selamat..

Rasa percaya pun semakin tebal. Kali ini tanpa kecurigaan, Bunga kemudian order barang yang harganya jutaan rupiah.. sebuah nominal yang menurutku cukup besar.. lebih besar dari gajiku sebulan malah.

Hasilnya bisa anda tebak..
Oleh karena berhati-hatilah dalam bertransaksi online. Ada satu trik sederhana untuk menghindari penipuan ini yaitu jangan memasang nomor HP ataupun pin BB di dunia maya dan jangan mudah percaya terhadap penawaran-penawaran menggiurkan yang datang melalui sms, BBM, ataupun Whatsapp. Menginggat biasanya modus ini dilakukan oleh penjual yang menawarkan barangnya via sms ataupun BBM. Meski tentu tidak semua yang menawarkan barang dengan cara serupa juga menipu.

to be continued.. 

53 komentar:

  1. Hati-hati dengan Noviyanti

    Penipuan dilakukan oleh

    Nama : Noviyanti
    Nomor Handphone : 089662552705
    Alamat : Jalan Pahlawan No. 39 Rt 05 Rw 04 Kampung Haurkuning Garut 44151

    Berawal dari Noviyanti belanja online ke saya, pada tahap pertama berjalan lancar, transferan saya terima dan barang dikirimkan. Untuk pembelanjaan selanjutnya, karena sudah pernah berbelanja di tempat saya, saya langsung percaya dan mengirimkan,setelah dijanjikan akan ditransfer 2 hari kemudian.
    Setelah barang sampai di tangan Noviyanti, transferan tidak kunjung saya terima sampai hari ini, kurang lebih sudah 3 bulan. Dengan berbagai alasan, Noviyanti menyebutkan kalau saudaranya sakit, kemudian Noviyanti operasi dan tidak ada uang, sampai akhirnya suami Noviyanti menjanjikan akan membayarnya. Hingga detik ini saya tidak menerima transferannya.
    Saya melaporkan ini, karena tidak ada itikat baik Noviyanti untuk menyelesaikannya dan agar tidak ada lagi yang tertipu oleh Noviyanti.

    Terima Kasih

    BalasHapus
  2. izin copas ya bund :) terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mba..
      smg bermanfaat.. terima kasih

      Hapus
  3. Boleh tau pengaduan kyak gni kemana?dbn brapa biaya yg kira2 msti di siapkan.share ya.saya kena tipu òrang MALAYSIA..hp hello kitty.

    BalasHapus
  4. Hati2 beli barang lewat Tokobagus,

    Penipuan dilakukan oleh :

    Nama : lukman_aziz (Iklan Xamthone lokasi Bogor Kota, Jawa Barat)
    No. HP : 081371347926
    Member sejak : 03-05-2013

    Selasa tgl 7 mei 2013 saya pesan Xamthone lewat sms dan di balas oleh Lukman total yang harus saya transfer Rp 1.330.000 (satu juta tiga ratus tiga puluh rupiah) ke rek Mandiri atas nama : Muhamad Abdullah No. rek : 9000016028194, tidak lama kemudian saya di sms oleh Ana agar saya segera transfer karena barangnya sudah dipacking. Pada hari itu juga saya langsung transfer. Tak lama kemudian Lukman dan Ana telepon dan sms (berkali-kali) ke saya, mereka bilang apa saya akan pesan barang yang lain karena lagi ada promo, saya katakan tidak, itu aja dulu dikirim dan mereka bilang akan beri saya kabar kalau barang sudah dikirim. Kamis tgl 9 mei 2013 saya sms ke mereka apa barang saya sudah dikirim, mereka katakan sudah. Sabtu tgl 11 mei 2013 saya sms mereka kenapa barang saya belum juga sampai (biasanya tiap saya pesan barang lewat online shop 1 hari sudah sampai) mereka bilang tunggu aja paling telat senin (13 mei 2013) sudah sampai, saya bilang pada mereka kenapa lama sekali dan tolong resi pengiriman di scan dan kirim ke email saya biar saya cek langsung ke ekspedisinya, mereka beralasan lagi diluar jadi besok resi akan dikirim ke saya, tapi besoknya resi belum juga mereka kirim. Senin tgl 13 mei 2013 karena barang pesanan saya belum juga sampai, saya mulai curiga ini pasti penipuan. Lalu saya sms kembali ke mereka minta resi bukti pengiriman barang agar segera dikirim ke saya dan mereka hanya memberi no tracking Dakota bta000179652 dan setelah saya cek ke Dakota ternyata tidak ada barang kiriman buat saya dan no tracking yang mereka berikan palsu. Sejak saat itu setiap saya sms atau telepon mereka tidak pernah membalas. Kejadian ini sudah saya laporkan ke Tokobagus beserta identitas mereka (nama, no iklan, no hp) tapi pihak Tokobagus menyuruh saya untuk melaporkan hal ini ke polisi (buat saya hal ini hanya akan buang waktu, tenaga dan materi). Yang bikin saya aneh sampai saat ini atas nama lukman_aziz masih membuat iklan2 baru (Xamthone) di Tokobagus (ada 6 iklan).
    Semoga pengalaman pahit saya tidak dialami oleh yang lain. Terima kasih bunda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. no yang dipakai lukman aziz untuk menipu sekarang 085765445978 . HATI- HATI

      Hapus
    2. Ada lagi penipu dengan modus yang sama nama umar hakim no hp 085668194728 pemasangan iklan di kaskus, toko bagus, facebook

      Hapus
    3. penipu lagi ni pakai nama ismail936 di kaskus, di bejubel.com pakai nama ismail muhamad, nama lain di toko bagus Nama sofyan_rozi tokobagus, nope 082390306880. BRI an. ALFIAN ISMAIL 0621-01-000928-53-7

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. alamat yang di pakai penipu di tokopedia pakai nama assalam herbal .daftar januari 2014.komplek pertokoan ekalokasari plaza blok D no 09 tajur
      Bogor Timur, Kota Bogor ,16141, Indonesia no tlp 082390306880

      Hapus
    6. penipu di toko bagus umarhakim2000, Member sejak : 06-02-2014 hp 087894223793.. usmaneffendi267, Member sejak : 14-03-2014 hp 082386037554. usman2000, Member sejak : 17-03-2014 hp 082386037554

      Hapus
  5. Pada 5 Agustus 2013 lalu saya juga membeli baranag seharga Rp. 665.000 menggunakan nama Ilham Anshori (iklan greenfield melilea di toko bagus). Sepertinya pemilik nama yang sama dengan ukman_aziz. Hingga hari ini, 15 Agustus 2013, barang masih belum diterima.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Saya ingin share penipuan online shop FB Butik Bahirah
    https://www.facebook.com/profile.php?id=100008352063551

    Pada tanggal 29 May 2014 saya memesan/membeli mukenah dan melakukan transfer pada keesokan harinya, tgl 30 May 2014 sebesar 305.000 ke rek penjual yaitu Rek BRI 759201001451539 Tania Rosmalia. Transaksi pembelian saya lakukan via BBM penjual dgn No pin BB 2B6C5513.
    Transfer sudah dikonfirmasi diterima oleh penjual dan mengatakan paket akan dikirim. Namun tgl 31 ketika saya bbm kembali untuk meminta No.Resi, tiba tiba BB saya langsung dia delcon. Saya sms ke No Hpnya pun tidak direspon sama sekali. No HP nya 0818635154.

    Berdasarkan info dari orang2 yang juga tertipu dengan FB Butik Bahirah, sekarang dia memakai No.Rek BRI 080101018314536 a/n Yuni wahyuni.

    BalasHapus
  7. @mba daisy, bener mba butik bahirah nipu? Sayang bgt ya.. Padahal brg" dia bagus, n murah",saya udh order tinggal tsf, cm ga tau knp felling ga enak, 1. Bbm untuk nanya brg lama responnya ( sy pikir mgkn sibuk x ), 2. Jawabnya singkat". Dan tiba" sy baca blog ini, jadi takut, akhirnya orderan saya cancel aja. Untung blm ditsf.makasi infonya mba

    BalasHapus
  8. Hati-hati dengan Aditya Cellular kalau ingin beli barang elektronik,,,,mereka malahan bisa memalsukan no resi dan sangat meyakinkan,,,dengan berbagai modus dan alesan akhirnya mereka menggiring kita ke ATM,,,

    BalasHapus
  9. Aku membeli baju sebesar 350rb di sebuah ol shop milik theresia simanjuntak , 27B320C2
    Sampai sekarang barang tidak datang. Dia juga tidak bisa dihubungi. Rekening tempat aq transfer, selvi aritonang ternyata kosong

    BalasHapus
  10. Hati2 dengan yogi giman kurniawan yg punya keperibadian ganda sbg rehan indrawan dgn nomor +62 838 13163652

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca threadnya gan, dia udah klarifikasi http://kask.us/hWY5K , dia cuma jadi korban, dan banyak penjual plsa korban adu kambing hitam dia. :ngakak kena tuduhan pencemaran nama baik seseorang ente anonim xV

      Hapus
    2. jgn2 dia penipunya yg melampiaskan ke orang lain wkwk taubat pak, udah nipu fitnah lgi

      Hapus
    3. hahah gilak bener penipu nuduh yg ga besalah dan ga tau apa2....
      untung aja itu yg komeng anonim bukan nama asli, bisa di tuntut atas pencemaran nama baik seseorang tuh gan. hati-hati komentar di internet

      Hapus
    4. Mampir kesini sebari nyari backlink nemu yg komen beginian =))
      klo dia ada namanya bisa di bully tuh sob, menyebar tuduhan dan bnr kta lu sob pencemaran nama baik + penyalah gunaan ITE. greget

      kunjungan baliknya ya sob.

      Hapus
    5. Hey anjing kau penipu berkedok rehan! Aku tidak tahu siapa namamu dasar tukang tipu pulsa! Hati2 dgn nomor +62 838 13163652dia penipu anzing

      Hapus
    6. Hai Fuad Akhairin Anwar atau aku harus panggil kamu Rehan Indrawan? Oh hai Yogi. Maaf ya, saya gak bisa ditipu, sudah ada korban lain yang gabung sama saya. Kamu boleh bikin thread berbusa, tapi novum yang saya miliki dengan korban lain akan membawa kamu ke kepolisian. Kamu boleh gak aktifin hp kamu, kita sudah tahu kok kamu tinggal di mana. Sampai ketemu

      Hapus
  11. Mampir kesini sebari nyari backlink nemu yg komen beginian =))
    klo dia ada namanya bisa di bully tuh sob, menyebar tuduhan dan bnr kta lu sob pencemaran nama baik + penyalah gunaan ITE. greget

    kunjungan baliknya ya sob.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan gue baru ketipu sm nomor +62 838 13163652, dia bisa nulis thread bukan penipu sbg hacker tp sbg tukang pulsa gmn? Nomornya udah gak aktif

      Hapus
  12. gue ketipu sama Yogi Giman Kurniawan atau nama keperibadian lainnya itu si Rehan Indrawan / Anas Indrakurnia. Gak ketipu seberapa sih, tapi boleh dong gue cari tau identitas yg nipu gue untuk menggunakan hak gue sebagai WNI dan itu gue aduin ke police department di melbourne dan ngasih berkas ke legal advice gue, Nicholas Giasoumi. Setelah ditrack siapa dia, IP internet bahkan alamat dia di tangerang, ya gue sapa FB (berdasarkan IP yg dikasih) dan itu anak lucu banget yg namanya Yogi. Dia ngasih alibi bahwa nomor dia yg asli tuh +62 838 13163652 dan dia sebagai tkg pulsa dijadikan korban looping customer nya. Padahal yg transaksi (tololnya gue gapake rekber melainkan bayar via pulsa, dan itu tambah bs ketrack oleh axis) sama gue itu pake nomor axis itu (nahlo? Kalo dia cm korban looping, kok yg nawar2in dan smsan sm gue pake nomor axis itu? Scr logika harusnya yg jd Rehan itu pake nomor yg lain, dan pulsa yg gue kirim itu ke nomor yogi kan?) tp namanya jg anak kemarin sore, ya kibul gk profesional bolehlah. Dan gak lama setelah gue sapa dia d fb, pembantu rumah gue yg d jkt blg ada yg sms dia (kebetulan waktu gue transaksi sm rehan/yogi itu gue pake nomor pembantu karna gue gapunya nomor jkt) dan blg kalo yogi gak salah gue bego nuduh dia. Tolol gak? Tp gpp lah Kan pahala jg bikin gue ketawa? Pokoknya be aware aja sama nomor ini +62 838 13163652 kasihan dia msh pelajar butuh uang jajan serta pulsa inet yg harus ia jual. Kalo mau berbaik hati sumbang aja pulsa ke dia. Pahala lo naik dan gara2 peristiwa ini gue belajar untuk memberi tanpa menuntut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sms gue gan, gue jg ketipu sm dia 085329890888

      Hapus
    2. Gan noreknya ini bukanBRI 795501000207531 an Yogi Giman Kurniawan Dan yg transaksi nomor hp belakangnya 52? Pls bales gan gue ditipu nih

      Hapus
  13. Itu yg ketipu sm nomor ini +62 838 13163652 bs sms gue gak? Soalnya gw jg transaksi pulsa sama dia gak nyampe2 alesannya duit gw ganyampe padahal pas ke mandiri di mutasi sampe tuh transaksi gue. 085329890888 ni nomor gue gab

    BalasHapus
  14. ANJIGG LO YG PUNYA NOMER INI +62 838 13163652 GUE GAK TAU SIAPA NAMA LO PULSA GUE GANYAMPE NJING! MANA NOMOR LO DAH GAK AKTIF! TAI... Gw kira baca dr thread lo lo orang alim korban tak berdaya tp trnyt lo busuk

    BalasHapus
  15. Gue bukannya mau mencemarkan tapi yogi giman kurniawan emg penipu, atau orang yg make nomernya itu nipu! Dia promosiin jual pulsa dlm jumlah besar stlh gw trf ke maria solihatin 200rb & yogi giman kurniawan 250rb nomernya gak aktif. Gmn cara refund nya? Gw dimarahin customer nih

    BalasHapus
  16. +62 838 13163652Tolong ya yg punya nomer ini refund kerugianku dan semua korban2 yg kamu tipu daya dgn alasan km korban rehan, saya gak ada urusan karna saya ditipu kasus lain sm kamu! Dikira cari uang gampang apaa???

    BalasHapus
  17. Pake nomor kamu gak aktif lagiii... Sampe aku laporin kamu ke polisi baru tw kamu!!!! +62 838 13163652

    BalasHapus
  18. Iya yang namanya yogi giman kurniawan penipu dia tampak meyakinkan sbg korban rehan indrawan. Gue jg korbannya, korban pulsa dan gue gak takut ngeluarin nama gue bahkan identitas gue. Hati-hati dgnn nomor ini guys +62 838 13163652

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear adella jgn sembarang memfitnah ya bs2 dituntut pencemaran loh

      Hapus
    2. Bacot lo kalo dia gak nipu nomornya msh aktif smpe skrg! Mungkin bener kali dia psikopat, gak inget udah nipu banyak orang!!! Mana tuh news dia ngehubungin org yg (katanya fitnah) dia??? Gak ada kan? Yaiyalah orang nipu mana ada yg mau ngaku. Aware ajalah sm Yogi Giman Kurniawan si anak alay! Tkg nipu! Apa2 aja ditipu! Jd tkg pulsa lah, padahal pulsa jg gapernah dikirimin, n jgn2 tu pulsa hasil nipu dr jasa hacking yg d thread dia? Bopung dasar

      Hapus
    3. Si yogi giman kurniawan nomernya dipake sm twitter @lilinjablay gw gatau lilinjablay penipu atau bukan, tp dia pake nomer yogi itu *info aja

      Hapus
  19. MAMPUS LO KETIPU YOGI GIMAN KURNIAWAN! ORANG-ORANG LEBIH PERCAYA SAMA DIA DARIPADA LO!!!!! HAHAHAHAHAHAHAHA

    BalasHapus
  20. Gue minta maaf untuk Yogi Giman Kurniawan karena telah menuduh penipuan.
    Secara teknis, dia tidak menipu
    Melainkan penggelapan karena guelah yang ceroboh memberikan uang untuk sesuatu yang tidak ia kerjakan.
    Oke.
    Lo bukan penipu
    Melainkan koruptor
    Hebat!

    BalasHapus
  21. Gan gw udah baca thread nya doi... Kok lucu dia marah sm lw?? Harusnya kan dia marah sm Rehan Indrawan kalo dia bener bukan rehan. Dan keanya dia tau bgt ttg rehan dgn cara dy yg ga terima gt.. Krren gan cara lw mancing penipunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin dia lelah, biarkan saja itu kan ngingetin kita untuk lebih waspada terhadap orgil BU begitu

      Hapus
    2. Ngakak gan msh ada aja yg begitu

      Hapus
    3. Kayaknya yg anime itu jg akun palsu sok2 ITE pencemaran, padahal penggelapan jg masiknya pidana, kocak

      Hapus
    4. EH TEMEN GUE BUKAN PENIPU YA! DIA TEMEN GUE KORBAN MONEY LAUNDRY REHAN INDRAWAN DAN GAK MUNGKIN NIPU! SOK TAU LO SEMUA! NOMOR ASLINYA DIA TUH YANG INI 083813163652!

      Hapus
    5. Hahahahahahahaha ups ketawan deh siapa yg bejat siapa yg fitnah di thread kaskusnya.

      Hapus
    6. YOGI GIMAN KURNIAWAN/ YOGI G KURNIAWAN MEMANG PENIPU! SAYA DITIPU JASA GOOGLE ADSENSE DGN PIN BBMNYA 7D13E15C! HATI-HATI GAESSS

      Hapus
  22. Raa belleline shopping (24C7CF16) area sby-sda.PENIPU BESAR!Udah bnyk korbannya,jgn jd korban selanjutnya yaaa”

    BalasHapus
  23. ini pin olshop penipu 32a8b8af namanya media ghania,Klw di facebook namanya check katalog,beliau menjual pakaian sepatu tas dll

    BalasHapus
  24. hati hati terhadap Alvin Yosia Setiawan penipu dengan nama Yepasloya advertise no rekening bank BCA 3890433871, modus penipuan dengan jasa mencarikan data kontak pin bbm, sudah banyak pedagang online di BB yg tertipu. alamat Alvin di jalan Manyar kertoarjo 083857632136x

    BalasHapus
  25. hati hati terhadap Alvin Yosia Setiawan penipu dengan nama Yepasloya advertise no rekening bank BCA 3890433871, modus penipuan dengan jasa mencarikan data kontak pin bbm, sudah banyak pedagang online di BB yg tertipu. alamat Alvin di jalan Manyar kertoarjo 083857632136x

    BalasHapus
  26. Saya beli tablet advan T5 di olx, di olx atas nama dianto asal semarang, dia juga kasih no rek a/n januwar dianto bank BPD jateng.dikasih noresi via jne dan setelah 2hari yang saya terima cuma bel rumah....wspada atas org ini atas nama januwar dianto no hp 0857-4264-4062 atau 08574002-1906....kepada pihak OLX agar lebih bisa mensortir yang mau pasang iklan.
    trima kasih

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus