Rabu, 21 Maret 2012

Mozilla Firefox lemot, hang.. Coba Baca Ini..

Para peselancar dunia maya tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya firefox, sebuah Internet browser terpupoler keluaran  Mozilla.
Ringan, cepat dan stabil menjadi alasan utama mayoritas orang untuk memasangnya di komputer. Apalagi ditambah dengan banyaknya addons, plugins atau extension tambahan yang semakin meningkatkan kenyamanan dan kemudahan dalam berselancar di dunia maya. Dari segi pengembangan pun, firefox juga tercatat sebagai browser paling aktif dalam melakukan update versi. Dalam hal ini berarti ada ketanggapan dan quick respone dalam mengatasi kekurangan yang mungkin timbul dan pengembangan menuju yang lebih baik.
Btw saya bukannya mau promosi lho.. Cuma ingin berbagi sedikit pengalaman bersama firefox :D. jadul sih, tapi gpp siapa tahu ada diantara agan-agan yang mengalami juga.
Btw lagi.. hehe..
Pernahkah.. anda, pemakai firefox khususnya  merasakan tiba-tiba komputernya not responding, hang saat sedang berselancar. Namun tiba-tiba, beberapa saat kemudian normal kembali lalu tiba-tiba saat kita browsing hang lagi lalu normal kembali begitu seterusnya.
Ada apakah gerangan..?
Ternyata oh ternyata.. disamping kelebihan-kelebihan yang saya sebutkan di atas, firefox juga menyimpan problem yang bisa bikin kita BeTe saat berselancar ria, ironisnya masalah itu justru hadir dari inovasi Mozilla untuk meningkatkan performa dan kestabilan firefox itu sendiri.
Lho kok bias?.. bisa..
Seperti yang kita ketahui bersama, mozilla mengawali lompatan perubahan yang cukup revolusioner  dengan diluncurkanya firefox versi 3.5. Kesininya, untuk mengantisipasi melonjaknya plugins-plugins yang kebanyakan bukan merupakan produksi Mozilla sendiri dan untuk alasan keamanan dan kestabilan maka mulai firefox versi 3.6 mozilla disertai satu aplikasi terpisah yang akan otomatis terinstall saat kita menginstall firefox.
Aplikasi itu adalah plugins container.exe. seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa aplikasi ini berfungsi untuk mengatur jalannya plugins-plugins tambahan spt plugins untuk video, game, streming dll. Sehingga bila salah satu dari plugins ini mengalami crash maka kerusakan tersebut tidak akan berpengaruh pada kinerja firefox. Cuma ya itu.. akibatnya komputer kita terkadang menjadi lemot karena resource yang digunakan lumayan.

Lalu solusinya apa?

Dulu, awal-awal kejadian aku kira itu disebabkan virus tapi setelah PC di scan kok bersih-bersih aja. Lalu coba bersihin cache dan cookies tapi tetap saja  nihil. Saat itu aku bener-bener prustasi sampai sempet mau berpindah ke lain browser. :D
Akhirnya iseng-iseng lihat daftar proseses di task manager lalu sortir memory usage paling gede. Nah disitu baru ngeh ada satu proses yang asing dan menduduki memory usage 3 besar. ternyata ini nih biang keroknya, dugaan ini semakin menguat karena setiap proses itu aku kill PC jadi lancar jaya, tapi sebelnya proses itu akan balik lagi meski di kill beribu kali.. #eaaa
Akhirnya tahu juga caranya untuk mengapus plugin container dari PC “selamanya”*. Cukup sederhana ternyat.. 

1.       Buka Firefox.
2.       Di address bar ketikkan about:config lalu enter
3.       Abaikan peringatan yang muncul dengan klik button “I’ll be careful, I promise!”.
4.       Di Kolom filter ketikkan dom.ipc. nanti akan muncul beberapa pilihan yang mungkin akan berbeda-beda disetiap firefox (kalo ditempatku ada 4 pilihan).
5.       Cari baris pilihan dom.ipc.plugins.enabled dan dom.ipc.plugins.timeoutSecs. Kemudian double-click ke pilihan tersebut untuk mengganti valuenya dari “true” to “false“.
6.       Restart firefox



Insya Allah sekarang anda sudah terbebas dari gangguan plugins container yang menjengkelkan, tapi yang namanya pilihan tentu ada konsekuensinya dan salah satu konsekuensinya adalah kemungkinan firefox anda crash bias lebih besar






Di Baca free counter

0 komentar:

Poskan Komentar